Senin, 25 April 2011

KESEHATAN

Kesehatan adalah salah satu elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu bagaimanapun kita harus menghargai dan menyayangi sebuah kesehatan.

Salah satu program Pemerintah dalam bidang kesehatan adalah pelayanan kesehatan dengan prasarana yang lengkap dan dilaksanakan merata di seluruh daerah Kota Surabaya, diantaranya rumah sakit.

Fungsi Rumah Sakit adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Saat ini, rumah sakit di Surabaya terus berbenah dengan melengkapi berbagai fasilitas medis modern serta tenaga ahli yang telah mendapatkan berbagai penghargaan dari dunia kedokteran internasional.
Diharapkan berbagai fasilitas bisa Anda dapatkan di sini yang tentunya lebih modern dan nyaman. Mulai dari pelayanan spesialis lengkap, fasilitas rawat inap hingga pelayanan penunjang medis dengan menggunakan teknologi terkini.

Berbagai pelayanan medis lengkap juga tersedia, termasuk pelayanan gawat darurat, laboratorium, fasilitas rawat inap, dan klinik spesialisasi seperti pusat layanan estetik, dan pusat layanan kanker. Ada juga klinik kesehatan anak, konseling, gigi, mata, fertilitas (kesuburan), bedah, jantung, penyakit dalam, ortopedi, layanan kandungan kebidanan, dan fisioterapi. Bahkan ada rumah sakit swasta yang menyediakan ruang rawat inap dirancang khusus dengan standar hotel berbintang yang nyaman untuk membantu proses penyembuhan pasien. Pelayanan penunjang medis yang berteknologi canggih dan lengkap akan mendukung diagnosa yang tepat dan akurat.
Rumah sakit dengan standart Internasional diantaranya, Rumah Sakit Surabaya Internasional (RSSI), adalah sebuah fasilitas layanan kesehatan yang mulai dioperasikan pada tanggal 16 Maret 1998. RSSI adalah sebuah fasilitas kesehatan dan pengobatan modern, yang menghadirkan kepada warga Surabaya dan sekitarnya, sebuah era baru dalam pelayanan kesehatan dan pengobatan berkualitas tinggi, beroperasi dibawah manajemen Ramsay Health Care Australia. Merupakan gabungan antara komitmen dan tenaga ahli Indonesia dan Australia. RSSI mulai beroperasi pada bulan Maret 1998.

Demikian juga Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan yang beralamatkan di Jl. Undaan Wetan 40-44 Surabaya. Rumah Sakit ini adalah Type B/Utama. Visi rumah sakit ini adalah, menjadi rumah sakit terpercaya dengan pelayanan kesehatan profesional yang handal dan mampu berkembang secara berkesinambungan, dikenal secara Nasional maupun Internasional.
Untuk Surabaya bagian Utara, berdiri Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya (RSPS) bernama Port Health Center(PHC).Dalam perjalanannya nama Port Health Center diubah menjadi Rumah Sakit Pelabuhan Tanjung Perak, dan pada akhirnya, tanggal 1 September 1999 resmi menjadi anak perusahaan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III dengan nama Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya (RSPS). Karena lebih dikenal sebagai PHC, maka pada tanggal 22 Februari 2006, RS Pelabuhan Surabaya diubah menjadi RS PHC Surabaya.

Dan sebagai rumah sakit terbesar se-Jawa Timur adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo, Fasilitas yang dimiliki antara lain Laboratorium. Instalasi/Laboratorium Patologi Klinik, Instalasi/Laboratorium Patologi Anatomi, Laboratorium Kedokteran Forensik, Instalasi/Laboratorium Mikrobiologi Klinik. Rumah sakit ini menjadi rujukan untuk wilayah Indonesia bagian timur dan juga rumah sakit pendidikan.

Saat ini warga Surabaya Barat saat ini telah memiliki RSUD Bakti Darma Husada (BDH) yang berada di Kecamatan Benowo, fasilitas kesehatan juga menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Surabaya.
 
PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN 
RAMUAN HERBAL

Urusan penyakit memang selalu menyedot perhatian, uniknya masyarakat sekarang lebih memilih mengunakan bahan herbal sebagai obat daripada bahan kimia. Dunia telah mengetahui tentang khasiat obat dari tumbuh-tumbuhan herbal selama berabad-abad. Kebudayaan kuno telah banyak memberi informasi tentang obat untuk penyembuhan penyakit, fakta menunjukkan bahwa ramuan tumbuh- tumbuhan tersebut digunakan secara ekstensif.

Telah diketahui bahwa ramuan herbal mengandung bahan-bahan yang mujarab, itulah sebabnya mengapa masih digunakan sepanjang sejarah umat manusia untuk menyembuhkan penyakit. Saat ini ramuan tumbuh-tumbuhan kembali ditemukan dan digabungkan menjadi formula herbal yang menawarkan cara alami untuk kesehatan.

Kita berada dalam awal pengetahuan tentang penyembuhan dengan ramuan herbal tersebut. Seringkali, dalam mencari jawaban untuk satu masalah. Akhir-akhir ini bermunculan berbagai macam penyakit yang sulit diatasi dan merupakan penyakit epidemik berbagai jenis food suplemen yang fungsinya tidak sesuai. Isu mengenai efek samping obat yang semakin sering terdengar dan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit, serta trend masyarakat yang kembali ke alam, dan lebih memilih mengunakan bahan herbal sebagai obat daripada bahan kimia.           sumber:surabaya.go.id


Saatnya Mencegah Kanker Serviks
Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sudah tak asing lagi ditelinga. Berbagai jenis kasus baru ditemukan, namun jenis kasus kanker manakah yang paling tinggi prevalensinya, khususnya di kalangan perempuan? Dan bagaimanakah cara untuk mencegahnya?

Belakangan ini mulai marak terdengar berita-berita mengenai kenker serviks. Apakah sebenarnya kanker serviks? Seberapa seringkah kanker serviks terjadi pada perempuan Indonesia? Kanker serviks (cervical cancer) adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim atau serviks. Serviks merupakan bagian rahim yang berhubungan dengan vagina.

Kanker serviks merupakan kanker nomor dua yang paling sering menyerang perempuan di seluruh dunia. Dan juga merupakan kanker kedua yang paling sering menyebabkan kematian. Di Indonesia sendiri, diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kenker serviks dan 20 perempuan meninggal dunia karena penyakit tersebut. Tingginya angka ini biasanya disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan kesadaran akan bahaya kanker serviks.

Kanker serviks cenderung muncul pada perempuan berusia 35-55 tahun, namun dapat pula muncul pada perempuan dengan usia yang lebih muda. Penyebab dari kanker ini adalah virus yang dikenal sebagai Human papilloma virus (HPV), yaitu sejenis virus yang menyerang manusia. Terdapat 100 tipe HPV di mana sebagian besar tidak bahaya, tidak menimbulkan gejala yang terlihat dan akan hilang dengan sendirinya. Infeksi HPV paling sering terjadi pada kalangan dewasa muda (18-28 tahun).
Perkembangan HPV ke arah kanker serviks pada infeksi pertama tergantung dari jenis HPV-nya. HPV tipe risiko rendah atau tinggi dapat menyebabkan kelainan yang disebut pra kanker. Tipe HPV yang berisiko rendah hampir tidak berisiko, tapi dapat menimbulkan genital warts (penyakit kutil kelamin).
Walaupun sebagian besar infeksi HPV akan sembuh dengan sendirinya dalam 1-2 tahun karena adanya sistem kekebalan tubuh alami, namun infeksi yang menetap yang disebabkan oleh HPV tipe tinggi dapat mengarah pada kenker serviks. Dan dapat berkembang tanpa terkontrol dan dapat menjadi tumor.

Gejala kanker serviks pada kondisi pra-kanker ditandai dengan ditemukannya sel-sel abnormal di bagian bawah serviks yang dapat dideteksi melalui tes Pap Smear, atau yang baru-baru ini disosialisasikan yaitu dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat. Sering kali kanker serviks tidak menimbulkan gejala. Namun bila sudah berkembang menjadi kanker serviks, barulah muncul gejala-gejala seperti pendarahan serta keputihan pada vagina yang tidak normal, sakit saat buang air kecil dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

HPV dapat menginfeksi semua orang karena HPV dapat menyebar melalui hubungan seksual. Wanita yang berhubungan seksual dibawah usia 20 tahun serta sering berganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi. Namun hal ini tak menutup kemungkinan akan terjadi pada wanita yang telah setia pada satu pasangan saja.

Saat ini kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV. Langkah ini dapat membantu memberikan perlindungan terhadap beberapa tipe HPV yang dapat menyebabkan masalah dan komplikasi seperti kanker serviks dan genital warts. Vaksin ini sebaiknya diberikan pada perempuan muda sedini mungkin, karena tingkat imunisasi tubuh serta pertumbuhan dan reproduksi sel di area serviks masih sangat baik.
Metode deteksi dini
Vaksinasi merupakan metode deteksi dini sebagai upaya mencegah kanker serviks. Melalui vaksinasi semakin besar kesempatan disembuhkannya penyakit ini dan semakin besar kemungkinan untuk menekan angka kasus kanker serviks yang mengancam kaum perempuan. Untuk itu, segera hubungi dokter anda untuk membantu pencegahan kanker serviks. Ayo bantu cegah kanker serviks sekarang!

Sumber: Kompas 


TENTANG DEMAM BERDARAH

Demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang ditemukan di daerah tropis, dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus Flavivirus, famili flaviviridae. Setiap serotipe cukup berbeda sehingga tidak ada proteksi-silang dan wabah yang disebabkan beberapa serotipe (hiperendemisitas) dapat terjadi. Demam berdarah disebarkan kepada manusia oleh nyamuk aedes aigepty.

Penyakit ini ditunjukkan melalui munculnya demam tinggi terus menerus, disertai adanya tanda perdarahan, contohnya ruam. Ruam demam berdarah mempunyai ciri-ciri merah terang. Selain itu tanda dan gejala lainnya adalah sakit perut, rasa mual, trombositopenia, hemokonsentrasi, sakit kepala berat, sakit pada sendi (artralgia), sakit pada otot (mialgia). Sejumlah kecil kasus bisa menyebabkan sindrom shock dengue yang mempunyai tingkat kematian tinggi. Kondisi waspada ini perlu disikapi dengan pengetahuan yang luas oleh penderita maupun keluarga yang harus segera konsultasi ke dokter apabila pasien/penderita mengalami demam tinggi 3 hari berturut-turut. Banyak penderita atau keluarga penderita mengalami kondisi fatal karena menganggap ringan gejala-gejala tersebut.

Sesudah masa tunas / inkubasi selama 3 - 15 hari orang yang tertular dapat mengalami / menderita penyakit ini dalam salah satu dari 4 bentuk berikut ini :
Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 - 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.
Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung (epistaksis/ mimisan, mulut, dubur, dsb.
Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok / presyok. Bentuk ini sering berujung pada kematian.

Karena seringnya terjadi perdarahan dan syok maka pada penyakit ini angka kematiannya cukup tinggi, oleh karena itu setiap Penderita yang diduga menderita Demam Berdarah dalam tingkat yang manapun harus segera dibawa ke dokter atau Rumah Sakit, mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami syok / kematian.
Demam berdarah umumnya lamanya sekitar enam atau tujuh hari dengan puncak demam yang lebih kecil terjadi pada akhir masa demam. Secara klinis, jumlah platelet akan jatuh hingga pasien dianggap afebril.
Diagnosis
Diagnosis demam berdarah biasa dilakukan secara klinis. Biasanya yang terjadi adalah demam tanpa adanya sumber infeksi, ruam petekial dengan trombosipenia dan leukopenia relatif.
Serologi dan reaksi berantai polimerase tersedia untuk memastikan diagnosa demam berdarah jika terindikasi secara klinis.
Mendiagnosis demam berdarah secara dini dapat mengurangi risiko kematian daripada menunggu akut

Pencegahan
Tidak ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk penyakit demam berdarah.
Pencegahan utama demam berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi vektor nyamuk demam berdarah. Insiatif untuk menghapus kolam-kolam air yang tidak berguna (misalnya di pot bunga) telah terbukti berguna untuk mengontrol penyakit yang disebabkan nyamuk, menguras bak mandi setiap seminggu sekali, dan membuang hal - hal yang dapat mengakibatkan sarang nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti.
Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit demam berdarah, sebagai berikut:
Melakukan kebiasaan baik, seperti makan makanan bergizi, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup;
Memasuki masa pancaroba, perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan melakukan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah yang dapat menampung air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangan jentik-jentik nyamuk, meski pun dalam hal mengubur barang-barang bekas tidak baik, karena dapat menyebabkan polusi tanah. Akan lebih baik bila barang-barang bekas tersebut didaur-ulang;
Fogging atau pengasapan hanya akan mematikan nyamuk dewasa, sedangkan bubuk abate akan mematikan jentik pada air. Keduanya harus dilakukan untuk memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk;Segera berikan obat penurun panas untuk demam apabila penderita mengalami demam atau panas tinggi

Pengobatan
Bagian terpenting dari pengobatannya adalah terapi suportif. Sang pasien disarankan untuk menjaga penyerapan makanan, terutama dalam bentuk cairan. Jika hal itu tidak dapat dilakukan, penambahan dengan cairan intravena mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan. Transfusi platelet dilakukan jika jumlah platelet menurun drastis.

Pengobatan alternatif yang umum dikenal adalah dengan meminum ekstrak daun jambu biji. Merujuk hasil kerja sama penelitian Fakultas Kedokteran Unair dan BPOM, ekstrak daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan virus dengue. Bahan itu juga meningkatkan trombosit tanpa efek samping. Masyarakat mesti memperhatikan informasi penting ini. Berdasarkan hasil kerja sama dalam uji pre klinis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang dilansir di Jakarta, Rabu (10/3) siang, ekstrak daun jambu biji dipastikan bisa menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD). Bahan itu juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping. Peningkatan tersebut diperkirakan dapat tercapai dalam tempo delapan hingga 48 jam setelah ekstrak daun jambu biji dikonsumsi.
Ada cara yang bisa ditempuh tanpa harus diopname di rumah sakit, tapi butuh kemauan yang kuat untuk melakukannya. Cara itu adalah sbb:
  1. Minumlah air putih min. 20 gelas berukuran sedang setiap hari (lebih banyak lebih baik)
  2. Cobalah menurunkan panas dengan minum obat penurun panas (paracetamol misalnya)
  3. Beberapa teman dan dokter menyarankan untuk minum minuman ion tambahan seperti pocari sweat
  4. Minuman lain yang disarankan: Jus jambu merah untuk meningkatkan trombosit (ada juga yang menyarankan: daun angkak, daun jambu, dsb)
  5. Makanlah makanan yang bergizi dan usahakan makan dalam kuantitas yang banyak (meskipun biasanya minat makan akan menurun drastis).




Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC (mycobacterium tuberculosis), sebagian besar kuman TBC menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ tubuh lainnya. World Healt Organitation (WHO) sejak tahun 1993 telah menetapkan Tuberculosis (TB) sebagai kedaruratan dunia, hal ini dikarenakan meningkatnya kasus TB di dunia dengan jumlah penderita TB baru sebanyak 9 juta, dan 3 (tiga) juta  jiwa per tahun  meninggal akibat TB. Penderita TB di dunia diperkirakan mencapai 95 persen kasus dan sebanyak 75 persen terjadi pada kelompok usia produktif.

Indonesia pada saat ini menduduki urutan ke-5 dari 22 negara penderita TB terbanyak di dunia, setelah India, China, Afrika Selatan, dan Nigeria. Sebelumnya  Indonesia menduduki urutan ke-3 dari 22 negara dengan penderita TB terbanyak di dunia setelah India dan china. Menurut laporan WHO tahun 2009, pada tahun 2007 jumlah penderita TB di Indonesia mencapai 528.000 orang menduduki urutan ke 3 dari 22 negara, dan pada tahun 2008 menurun menjadi 429.730 orang menduduki urutan ke-5 dari 22 negara.

Setiap tahun di dunia terdapat  424.000 penderita baru TB, 60 persen diantaranya  terdapat di China, India , dan Rusia. Pada tahun 2007 di Indonesia diperkirakan pasien TB sebanyak 12.209 orang. Kebijakan pemerintah dalam mengendalikan penderita TB di Indonesia, dengan menjamin setiap pendeita TB mempunyai akses terhadap pelayanan yang bermutu untuk menurunkan angka kesakitan
dan kematian akibat TB. Di samping itu menurunkan resiko penularan TB, serta mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat TB.

Adapun target yang hendak dicapai oleh pemerintah melalui kementerian Kesehatan adalah penurunan penderita baru TB positif paling sedikit 70 persen dari perkiraan. Serta melakukan penyembuhan hingga 85 persen dari semua penderita TB dan mempertahankannya. Selain itu dilakukan penurunan tingkat prevalensi dan kematian akibat TB hingga separuhnya pada tahun 2010 dibandingkan pada tahun 1990.

Guna mengendalikan meningkatnya penderita TB, pemerintah telah mengambil kebijakan azas desentralisasi dengan kabupaten/kota sebagai titik berat manajemen program dengan menggunakan strategi Directly Observered Treatments Short Course  (DOTS) dan pengembangannya ditujukan terhadap peningkatan mutu pelayanan, kemudahan akses untuk penemuan dan pengobatan yang dilaksanakan oleh seluruh Unit Pelayanan Kesehatan (UPK).

Pemerintah juga melakukan promosi penggalangan kerjasama dan kemitraan dalam wujud Gerakan Terpadu Nasional Penanggulangan TB, dan meningkatkan mutu laboratorium, obat anti TB (OAT-TB) diberikan secara cuma-cuma dan dijamin ketersediaannya, serta keberpihakan kepada kelompok miskin dan kelompok rentan terhadap TB. Menuju tahu 2015 sebagai batas akhir evaluasi pencapai target Milenium Development Goals (MDGs), maka program pemberantasan TB di Indonesia optimis dapat tercapai dan memenuhi target yang telah ditetapkan.- (Rmgoen).



Tentang Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

PENYEBAB:
Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tidak semua wanita memiliki risiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal, wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.
Osteoporosis senilis kemungkinan merupakan akibat dari kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan di antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita. Wanita seringkali menderita osteoporosis senilis dan postmenopausal.
Kurang dari 5% penderita osteoporosis juga mengalami osteoporosis sekunder, yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan.Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini.

GEJALA
Kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis), sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Beberapa penderita tidak memiliki gejala.
Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk.
Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh bisa mengalami kolaps secara spontan atau karena cedera ringan. Biasanya nyeri timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan. Jika disentuh, daerah tersebut akan terasa sakit, tetapi biasanya rasa sakit ini akan menghilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau beberapa bulan Jika beberapa tulang belakang hancur, maka akan terbentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang (punuk Dowager), yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit.
Tulang lainnya bisa patah, yang seringkali disebabkan oleh tekanan yang ringan atau karena jatuh. Salah satu patah tulang yang paling serius adalah patah tulang panggul. Yang juga sering terjadi adalah patah tulang lengan (radius) di daerah persambungannya dengan pergelangan tangan, yang disebut fraktur Colles. Selain itu, pada penderita osteoporosis, patah tulang cenderung menyembuh secara perlahan.

Diagnosa

Pada seseorang yang mengalami patah tulang, diagnosis osteoporosis ditegakkan berdasarkan gejala, pemeriksaan fisik dan rontgen tulang. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menyingkirkan keadaan lainnya yang bisa diatasi, yang bisa menyebabkan osteoporosis.
Untuk mendiagnosis osteoporosis sebelum terjadinya patah tulang dilakukan pemeriksaan yang menilai kepadatan tulang. Pemeriksaan yang paling akurat adalah DXA (dual-energy x-ray absorptiometry).
Pemeriksaan DXA  aman dan tidak menimbulkan nyeri, bisa dilakukan dalam waktu 5-15 menit DXA sangat berguna untuk:
  • wanita yang memiliki risiko tinggi menderita osteoporosis
  • penderita yang diagnosisnya belum pasti
  • penderita yang hasil pengobatannya harus dinilai secara akurat.

PENGOBATAN
Tujuan pengobatan adalah meningkatkan kepadatan tulang. Semua wanita, terutama yang menderita osteoporosis, harus mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang mencukupi.
Wanita paska menopause yang menderita osteoporosis juga bisa mendapatkan estrogen (biasanya bersama dengan progesteron) atau alendronat, yang bisa memperlambat atau menghentikan penyakitnya. Bifosfonat juga digunakan untuk mengobati osteoporosis.
Alendronat berfungsi:
  • mengurangi kecepatan penyerapan tulang pada wanita pasca menopause
  • meningkatakan massa tulang di tulang belakang dan tulang panggul
  • mengurangi angka kejadian patah tulang.
Supaya diserap dengan baik, alendronat harus diminum dengan segelas penuh air pada pagi hari dan dalam waktu 30 menit sesudahnya tidak boleh makan atau minum yang lain. Alendronat bisa mengiritasi lapisan saluran pencernaan bagian atas, sehingga setelah meminumnya tidak boleh berbaring, minimal selama 30 menit sesudahnya. Obat ini tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki kesulitan menelan atau penyakit kerongkongan dan lambung tertentu.

Kalsitonin dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang menderita patah tulang belakang yang disertai nyeri. Obat ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan atau semprot hidung.
Tambahan fluorida bisa meningkatkan kepadatan tulang. Tetapi tulang bisa mengalami kelainan dan menjadi rapuh, sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan.
Pria yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan kalsium dan tambahan vitamin D, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak menyerap kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Jika kadar testosteronnya rendah, bisa diberikan testosteron.

Patah tulang karena osteoporosis harus diobati. Patah tulang panggul biasanya diatasi dengan tindakan pembedahan Patah tulang pergelangan biasanya digips atau diperbaiki dengan pembedahan. Pada kolaps tulang belakang disertai nyeri punggung yang hebat, diberikan obat pereda nyeri, dipasang supportive back brace dan dilakukan terapi fisik.
Pencegahan
Pencegahan osteoporosis meliputi:
  • Mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup
  • Melakukan olah raga dengan beban
  • Mengkonsumsi obat (untuk beberapa orang tertentu).
Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif, terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal (sekitar umur 30 tahun). Minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari, bisa meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. Akan tetapi tablet kalsium dan susu yang dikonsumsi setiap hari akhir - akhir ini menjadi perdebatan sebagai pemicu terjadi osteoporosis, berhubungan dengan teori osteoblast.
Olah raga beban (misalnya berjalan dan menaiki tangga) akan meningkatkan kepadatan tulang. Berenang tidak meningkatkan kepadatan tulang.
Estrogen membantu mempertahankan kepadatan tulang pada wanita dan sering diminum bersamaan dengan progesteron. Terapi sulih estrogen paling efektif dimulai dalam 4-6 tahun setelah menopause; tetapi jika baru dimulai lebih dari 6 tahun setelah menopause, masih bisa memperlambat kerapuhan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Raloksifen merupakan obat menyerupai estrogen yang baru, yang mungkin kurang efektif daripada estrogen dalam mencegah kerapuhan tulang, tetapi tidak memiliki efek terhadap payudara atau rahim. Untuk mencegah osteroporosis, bisfosfonat (contohnya alendronat), bisa digunakan sendiri atau bersamaan dengan terapi sulih hormon.


PERDA KOTA SURABAYA 
TENTANG 
KAWASAN TANPA ROKOK
DAN KAWASAN TERBATAS ROKOK

Anak adalah nyawa yang tak berdaya. Tak berdaya untuk menghindar dari ancaman kesehatan yang tidak disadari menguntitnya setiap saat. Hanya karena kebodohan orangdewasa, terjadi penelantaran hak anak secara tersembunyi. Bila temuan ini tidakdicermati, banyak nyawa manusia Indonesia 20-40 tahun lagi yang akan berpenyakit dan meninggal hanya karena menjadi perokok pasif. Bila Kaum perokok yang egois dan tidak bermoral itu terus merokok di sekitar bayi dan anak, maka tidak bisa dibayangkan lagi bagaimana kulitas hidup anak Indonesia sebagai generasi penerus bila setiap hari harus terpapar asap rokok. Tumbuh dan berkembangnya anak yang terpapar rokok
akan berbeda dengan yang tidak terpapar. Karena berbagai masalah kesehatan pasti akan timbul bila hal itu terus terjadi.

Dalam upaya penanggulangan bahaya akibat merokok dan agar implementasinya lebih efektif, efisien dan terpadu, diperlukan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Merokok, dengan tujuan :

a.melindungi kesehatan dari bahaya akibat merokok;
b.membudayakan hidup sehat;
c.menekan perokok pemula;
d.melindungi perokok pasif.

Penjelasan di atas adalah sepenggal dari Penjelasan PERATURAN DAERAH KOTA SURABAYA NOMOR 5 TAHUN 2008 tentang "KAWASAN TANPA ROKOK DAN KAWASAN TERBATAS MEROKOK" yang telah di berlakukan di Kota Surabaya.

PERAN KIM DALAM SOSIALISASI PERDA KOTA SURABAYA NO. 5 TAHUN 2008
1. Memberikan informasi dan edukasi tentang bahaya rokok bagi anak, janin 
    dan ibu hamil melalui pertemuan warga setempat.
2. Memberikan informasi, masukan dan dorongan kepada masyarakat umum 
    dan di tempat  umum untuk menerapkan perda aturan larangan merokok 
    secara tegas dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar