Senin, 18 April 2011

Pola Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah

Usaha Kecil Menengah (UKM) barangkali merupakan salah satu andalan utama bagi ketahanan ekonomi sebuah negara. Terbukti di masa krisis dengan bertumbangan banyak usaha konglomerasi yang dililit hutang luar negeri, usaha kecil menengah terutama yang berorientasi eksport justru meraup keuntungan yang luar biasa. Sebagian lagi survive dengan berbagai cara karena kecilnya investasi & modal yang berputar.

Dengan Internet sebetulnya proses pemberdayaan tersebut menjadi sangat menakjubkan, dengan biaya yang kecil (sedikit) proses pemberdayaan UKM dapat dilakukan untuk banyak usahawan. Contoh pola pemberdayaan UKM yang menarik dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat di Departemen Small Businesss Administration pada situs Web: http://www.sba.gov/.

Kunci utama dari pemberdayaan usaha kecil dan menengah adalah kebiasaan untuk menyebarkan segala informasi yang ada secara terbuka ke masyarakat / transparansi. Jika transparansi informasi dapat dilakukan sehingga tidak ada lagi bisnis spekulasi di Indonesia.

Sumber: http://bit.ly/fG5HqOu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar